5 keunikan Provinsi Riau, ada candi juga lo di Riau. - Hamgi.com

5 keunikan Provinsi Riau, ada candi juga lo di Riau.

Ada beberapa fakta menarik tentang Provinsi Riau, mulai dari perpustakaan termegah se Indonesia ada di Riau. Walaupun Riau terlihat sawit semua tempat wisata juga masih ada. Jika kalian menyukai ustad Somad ia berasal dari Riau. 

Terlihat juga perkembangan dari sektor pembangunan di beberapa tempat terutama di ibukota. Riau memiliki keunikan tersendiri yang menandakan ini loh Riau. Berikut fakta 5 keunikan Provinsi Riau yang harus diketahui masyarakat luas:

5 keunikan Provinsi Riau, ada candi juga lo di Riau 

1. Riau punya istana. 

Kita tahu bahwa yang memiliki istana ada di jakarta yaitu istana presiden. Namun Riau juga ada loh nama nya istana siak Indrapura, istana siak saat ini dijadikan objek wisata. Istana siak Indrapura bukan berdiri tanpa sebab lo. Istana berdiri di karenakan dulu sistem pemerintahan nya adalah kerajaan namun sekarang Indonesia merdeka dan diberi kekuasaan nya ke pemerintah Indonesia. Maka sebab itu ada berdiri sebuah istana untuk raja. Semoga di mengerti ya! 

2. Atas minyak bawah minyak itulah Riau. 

Selain memiliki istana, ternyata Riau dinobatkan sebagai provinsi dengan ladang minyak terbesar di Indonesia dengan penghasilan 365.827 barrel/hari. Dulu minyak di Riau dikelolah oleh PT. Chevron namun sekarang di kelolah oleh PT. Pertamina. Ladang minyak tersebut letaknya di daerah Minas dan Duri. Tidak hanya itu Riau juga penghasil minyak sawit dengan hasil 8.198.962 ton pertahun. Perkembangan minyak sawit ini berkembang pesat dengan banyak nya permintaan pasar. 

3. Riau memiliki jembatan terpanjang. 

Riau memiliki jembatan panjang yang bernama Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan ini di sebut jembatan terpanjang di Indonesia dengan jarak 1,1 KM dan 16,95 meter. Terbentang antara kabupaten siak dan kota siak Indrapura yang menjadi nadi dari 2 daerah tersebut. 

4. Tradisi pacujalur. 

Ini adalah tradisi menarik yang harus kita lestari kan, yaitu pacu jalur. Ini adalah ajang balapan perahu panjang dengan muatan 50-60 orang yang sudah ada semenjak 100 tahun yang lalu. Menarik bukan? Jadi, tradisi ini ada di kabupaten Kuantan Singingi yang berada di aliran sungai Kuantan. 

5. Memiliki ombak di sungai bobo. 

Ini sungguh menarik dari provinsi Riau, yaitu ada sebuah sungai dikampar yang memiliki ombak yang menggulung setinggi 5-6 Meter, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan internasional. Bono sendiri istilah yang berasal dari bahasa masyarakat lokal artinya berani. Dan ombak ini muncul pada musim hujan antara Oktober sampai Desember. 

6. Memiliki candi Muara Takus. 

Riau juga memiliki candi lo, yang namanya adalah candi Muara takus berasa di desa Muara Takus kabupaten kampar jaraknya 135 KM dari pekanbaru. Ini candi nya:
Ini lah keunikan provinsi Riau yang sudah kita bahas di atas, kemungkinan masih ada keunikan lain yang belum saya tulis. Lebih dan kurang saya mohon maaf, jika berasa artikel ini bermanfaat bantu share ya. See u! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel