7 Makanan khas Kuantan Singingi, no 3 pasti kalian pernah coba. - Hamgi.com

7 Makanan khas Kuantan Singingi, no 3 pasti kalian pernah coba.

7 Makanan khas Kuantan Singingi, no 3 pasti kalian pernah coba.

Hallo, kembali lagi bersama saya di blog yang sederhana ini yang akan membawa Kamu pada petualangan kuliner yang menggoyang lidah di 
Kuantan Singingi, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Di kawasan ini terdapat sebuah kekayaan gastronomi yang tak terbatas, dengan makanan khas lokal yang menggugah selera. Hidangan lezat yang dipenuhi dengan rempah-rempah hingga racikan tradisional yang menawarkan cita rasa. Masyarakat setempat telah berhasil melestarikan dan mengembangkan budaya kuliner tradisional mereka, yang pasti akan menyenangkan siapa saja yang mencobanya. 

7 makanan khas Kuantan Singingi. 

1. Rendang Versi Kuantan Singingi. 

Rendang adalah salah satu kuliner khas padang, Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan global dan versi dari Kuantan Singingi memiliki rasa dan tekstur yang unik Dibuat dengan kombinasi rempah-rempah. Rendang Kuantan Singingi terkenal dengan kelembutan dan dagingnya yang luar biasa.

2. Rendang paku/pakis.

Ini adalah makanan Khan kuansing yang enak saya pasti kan itu karena pernah mencobanya. Proses pembuatan hampir sama dengan rendang daging atau lokan membedakan hanya bahannya saja. Rendang paku terbuat dari sayuran pakis yang banyak tumbuh di tepi sungai, kaki bukit atau pegunungan bersuhu lembab artinya anda pasti bisa menemukan sayuran ini.

3. Gulai Otun/tempoyak.

Ini makanan khas Kuantan Singingi yang unik dan lezat terbuat dari daging durian yang telah  difermentasi menghasilkan saus yang kaya aromatik. Hasil fermentasi durian ini di Kuantan singing disebut dengan jowuak tetapi masyarakat jambi sering menyebutnya dengan tempoyak. 

Cara pembuatan jowuak ini mudah, ambil durian yang sudah matang lalu pisahkan biji dengan daging durian, simpan ditoples diam kan selama 2 minggu kurang lebih. Setelah difermentasi jowuak siap digunakan untuk membuat berbagai olahan makanan lezat. 

4. Lomang. 

Lomang atau orang padang biasa menyebutnya dengan lamang. Makanan ini terbuat dari beras pulut/puluik/ketan dimakan pas lagi hangat disantap dengan tape ketan merah bisa juga dengan durian lebih mantap. Makanan ini biasanya dibuat untuk menyambut hari raya idul adha. 

Cara masak pun unik sekali, beras ketan + santan itu dimasukan ke dalam bambu tipis yang telah dilapisi daun pisang didalamnya ditambah garam kemudian dibakar hingga matang. 

5. Konji barayak

Selain tradisi pacu jalur di kuansing, ada juga tradisi bakonji, yaitu tradisi masak bubur saat gotong royong membuat rumah. Laki-laki sibuk membangun rumah sedangkan perempuan memasak bubur yaitu konji barayak. 

Konji barayak ini terbuat dari sejumlah bahan seperti gula pasir, santan kelapa dan tepung beras bisa juga di lengkapi kapur sirih dan daun pandan. Dibuat saat gotong royong membangun rumah, perempuan bagian memasak untuk menciptakan kebersamaan bukan individualisme. 

6. Wajik/Gajik/guajik.

Ini salah satu makanan tradisional khas kuansing, pasti orang kuansing tahu dengan makanan ini termasuk saya. Wkwkw guajik terbuat dari ketan ditambah gula merah dimasak dengan santan kelapa. Mungkin tidak akan di bahas secara detail disini cara masak guajik lain waktu di artikel lain ya. Makanan ini dibuat pada hari tertentu seperti pernikahan, turun kesawah, idul fitri, idul adha atau hari istimewa lain. 

7. Kue Pinyaram. 

Kue Pinyaram, makanan menggoda dengan kelembutan dan kelezatannya yang tak tertandingi. Dibuat dari bahan-bahan segar dan rempah-rempah pilihan, setiap gigitan mengungkapkan rasa manis yang menggugah selera.

Kombinasi tepung beras, tepung terigu, kulit kayu manis, daun pandang, gula pasir, gula merah dan air membawa kelezatan yang tiada tara. Semua orang pasti tergoda oleh keunikan dan kelezatan Kue Pinyaram ini.

Terima kasih telah membaca artikel tentang ini tentang makanan khas Kuantan Singingi. Semoga informasi yang disajikan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi Kamu, mohon maaf jika kata-kataku yang salah dan pengetahuanku yang kurang pas. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman Kamu. See u y! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel